Minggu, 20 November 2011

MOTOR DIESEL DITINJAU DARI RASIO LANGKAH – DIAMETER (STROKE-BORE RATIO)

MOTOR DIESEL DITINJAU DARI RASIO LANGKAH – DIAMETER (STROKE-BORE RATIO)


MOTOR DIESEL DITINJAU DARI RASIO LANGKAH – DIAMETER (STROKE-BORE RATIO)
Stroke adalah panjang langkah dari kerja piston diukur dari titik mati atas (TMA) sampai titik mati bawah (TMB).sedangkan Bore adalah diameter lubang sebelah dalam dari silinder. Perbandingan antara langkah dan diameter menentukan karakteristik mesin, dan dinamakan stroke-bore ratio. Stroke-bore ratio merupakan istilah yang umum digunakan di AS, inggris, Australia, dll.
 Mesin langkah pendek (Short Stroke) adalah : mesin yang mempunyai ukuran diameter lebih besar dari langkah , mempunyai rasio L/D lebih besar dari satu.
kelebihan
  • Mesin Short Stroke disebut mempunyai karakter positif, karena stroke yang pendek berarti mempunyai friksi yang lebih kecil serta poros engkol yang lebih kuat.
  • Mesin short stoke juga biasanya handal dan dapat dioperasikan pada kecepatan tinggi.
  • Tidak mengalami kerugian daya, namun pada kecepatan rendah torsi relative rendah.
Kelemahan
  • tidak bisa mempunyai perbandingan kompresi setinggi tipe mesin longstroke, sehingga menyebabkan mesin shortstrok lebih boros bahan bakar dengan emisi gas buang yang lebih jelek dibandingkan dengan mesin longstroke.
  • Mudah panas ( overheat)
mesin langkah panjang ( long stroke) adalah : mesin yang ukuran diameter lebih pendek dari langkah atau mempunyai rasio L/D lebih kecil dari satu.
Kelemahan
Mempunyai karakteristik negative karena langkah yang panjang berarti friksi yang lebih besar
poros engkol yang lemah
diameter yang lebih kecil dan ukuran katup juga kecil sehingga membatasi pertukaran gas. Kelemahan ini dapat diperbaiki pada mesin modern seperti saat ini.
Lebih berat dan lebih tinggi
Kelebihan
Mempunyai  putaran torsi rendah yang lebih besar, juga dapat mempunyai rasio kompresi yang lebih tinggi, berarti lebih hemat bahan bakar dan menghasilkan gas buang yang lebih bersih, walaupun mempunyai keunggulan torsi maksimum, mesin jenis ini jarang diproduksi sebab lebih berat dan lebih tinggi.  



Related Post:

Read more: Pasang Related Post (baca juga yang lain nya)Dengan Fungsi Scroll | ALI BLOGGERS COMMUNITY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

boss-mails.com
silvanamails.net
200euromails.net